Bandung, 9 Oktober 2011 

Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya dan 99 orang yang beruntung lainnya untuk dapat menghadiri sebuah event yang diadakan oleh TedxBandung di Saung Udjo.

Dengan mengusung tema Counting Foward, dalam event kali ini ada 9 orang pembicara dari berbagai macam bidang yang berbeda, namun mempunyai semangat yang sama yaitu semangat perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

Berikut ini adalah 9 orang pembicara tersebut:

1. Aria Widyanto

Aria Widyanto adalah salah satu pemenang dari E-Idea British Council 2011 yang mempresentasikan tentang idenya yang mengonversi bahan bakar minyak ke  Bahan Bakar Gas untuk angkot-angkot yang ada di kota Cirebon. Menurutnya, Cirebon adalah salah satu daerah penghasil gas terbesar di Indonesia, namun belum dimanfaatkan dengan baik.

Menurutnya apabila semua bahan bakar angkot dapat diganti menjadi bahan bakar gas, maka kualitas hidup supir angkot dapat meningkat dan kualitas lingkungan semakin baik baik karena 1 juta ton CO2 akan hilang.

2. Anton Abdul Fatah

Sehari-hari, Anton Abdul Fatah adalah seorang pekerja di perpajakan dan ketika weekend dia akan kembali ke kampungnya di Sindang Sari, Garut untuk merehabilitasi tanah-tanah yang ada di sana yang pernah menjadi basis produksi batu bara karena dari pihak properti sendiri rehabilitasi lahan tidak pernah dilakukan.

Masalah yang timbul dari situ adalah adanya erosi, dan tanah yang sudah tidak subur lagi sehingga dia menggalakkan sebuah proyek Agroforesty dengan 3 progam utama, yaitu:

1. Membuat kompos dari sisa gabah dan kotoran hewan

2. Membajak lahan kembali

3. Menanami lahan.

3. Denny Darko

Siapa yang tidak mengenal sosok pesulap jebolan The Master RCTI ini? Dalam kesempatan ini dia tidak membahas tentang bagaimana caranya bermain atau melakukan trik sulap, namun membahas bahwa otak manusia itu begitu besar namun hanya 12% yang diserap. Dan Denny Darko mengungkapkan bahwa manusia hanya ingin melihat dengan apa yang ingin mereka lihat.

Pada kesempatan ini, saya melihat satu atraksi menarik dimana Denny Darko mensugesti salah satu penonton (yang terpilih secara acak dan berdiri di atas panggung) untuk membengkokkan sebuah linggis hanya dengan kekuatan pikirannya. Itu hal yang sangat luar biasa sekali.

4. Enda

Enda Nasution, atau yang dikenal dengan Bapak Blogger Indonesia. Sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia maya, Enda memberitahukan sesuatu yang sangat menarik, yaitu ada 8,4 juta pengguna Internet di indonesia pada tahun 2011, dan Indonesia juga salah satu pengguna Twitter dan Facebook terbesar.

Menurutnya, peristiwa yang paling sering dibahas adalah tentang Briptu Norman, dan akun twitter yang paling berpengaruh adalah @soalcinta dan @mentionke.

5. Eya Grimonia

Satu-satunya perempuan dari speaker kali ini. Umurnya masih 16 tahun, namun kemampuannya menjadi seorang violist patut diacungi jempol tinggi-tinggi. Dia menerangkan tentang bagaimana pengaruh musik terhadap kehidupan dan otak manusia serta bagian-bagian dari ilmu pasti seperti Fisika, dan Matematika.

Dan menurutnya segala kehidupan dan bunyi-bunyi adalah musik.

“Coba tutup mata kalian, dan diam sejenak. Maka kalian akan mendengar begitu banyak bunyi yang ada…” ya begitulah kira-kira katanya.

6. Terdi Naim

Salah seorang yang bergerak di bidang pendidikan, dan juga owner Bumbu Desa. Tendi Naim menjelaskan tentang wajah pendidikan di Indonesia yang cenderung tidak berubah dan berjalan begitu lambat.

Problem yang sering terjadi adalah siswa yang tidak dapat menangkap pelajaran, guru yang tidak tahu apa yang sedang dikerjakan murid-muridnya, siswa yang pergi ke sekolah tapi gurunya rapat, dan guru yang mengalami kesulitan dalam mengajar.

Menurutnya, pendidikan harus kembali pada visi dan misi Ki Hajar Dewantara dengan Tut Wuri Handayani.

7. Pandji

Siapa yang tidak mengenal dengan orang yang bertubuh tambun ini? Sosok yang dikenal sebagai presenter dan penyiar radio mengajak kepada kita untuk membuat suatu perubahan, bukan menuntut perubahan. Karena menurutnya, perubahan itu terjadi oleh karena kaum muda berinisiatif untuk melakukan sesuatu.

Dan dia mencontohkan tentang tayangan Provoactive Proactive dimana tayangan tersebut membahas tentang politik namun dengan kemasan yang menarik sehingga membuat orang-orang lebih mengerti dan tertarik mempelajari politik.

8. Ridwan Kamil

Arsitek yang dikenal sebagai penggagas Indonesia Berkebun ini memang hebat. Dengan gerakan Indonesia Berkebun, dia mengubah lahan-lahan yang tidak terpakai di kota-kota besar untuk ditanami banyak tanaman dan dapat diikuti oleh semua orang.

Katanya, “letak kualitas kota yang sehat bukan dilihat dari banyaknya jalan tol yang dibangun, tapi indeks kebahagiaan masyarakat yang ada di dalamnya.”

Dan menurut survey, Indonesia masih menjadi salah satu negara yang penduduknya bahagia di tengah cobaan yang ada di negara ini 😛

Dalam jangka ke depan, dia juga akan membangun sebuah penyewaan sepeda di kota Bandung. Semoga dengan ini semakin meningkatkan kesehatan masyarakat dan udara Bandung yang semakin bersih.

9. Sudjiwotedjo

Sosok yang dikenal sebagai mbah jancukers, seniman, dan budayawan bercerita tentang bagaimana seni mempelajari matematika, jurusan yang pernah dipelajarinya semasa kuliah di ITB.

Tidak seperti yang lain yang menggunakan slide dalam presentasinya, Sudjiwotedjo hanya bercerita namun mengundang decak kagum dari banyak orang.

Dia bercerita bahwa seharusnya para penyair itu adalah orang yang juga pintar matematika, karena dia berhasil merumuskan banyak kata menjadi sebuah kalimat yang puitis dan enak untuk dinikmati.

Saat itu, saya langsung berpikir. Sebagai seorang yang sedang mencoba menjadi seorang penulis, saya adalah orang yang sama sekali tidak pandai Matematika bahkan nilai Matematika saya tidak pernah menyentuh angka 8 di raport. Heheheh *abaikan.

___

Jadi event TedxBandung kali ini, sangat berkesan bagi saya. Meski lelah karena acara diadakan dari pagi hingga siang, namun ilmu yang didapat sebanding dengan rasa lelah tersebut.

Satu hal yang dapat saya simpulkan adalah, untuk dapat merubah sesuatu, ubahlah sesuatu yang yang ada di sekitarmu, karena perubahan itu dimulai dari seuatu dan yang kecil dan yang paling penting adalah berasal dari diri sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s