Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 17 Maret 2012 diadakan Bincang Edukasi Meetup #5 yang pertama kalinya di kota Bandung kita tercinta. Buat yang belum tau apa itu Bincang Edukasi, saya jelasin sedikit ya.

Menurut website mereka (www.bincangedukasi.com)…

Bincang Edukasi is a regular meet-up event that brings education enthusiasts together to share their social movements, ideas and concepts that are related to education. It is meant to be a amplification platform for educational social movements and breakthrough concepts to garner awareness, supports and also to inspire many others to contribute.

Jadi bincang edukasi itu dapat diibaratkan sebagai wadah atau tempat ide-ide kreatif terutama untuk bidang pendidikan alternatif. Nah bincang edukasi meetup ini sudah dilangsungkan di beberapa kota, seperti kota Jakarta dan Surabaya. Bandung pun menjadi salah satu kota diselenggarakannya bincang edukasi meetup ke #5. Terima kasih dulu buat kurator di Bandung, yaitu kak @ratnakristanti dan kak @mbakdan. 😀

___

Bincang Edukasi Meetup #5 ini diadakan di Boemi Nini, atau Simpul Space. Konsep eventnya ngariung gitu, jadi para peserta yang datang duduk santai sambil mendengarkan para presentan (pembicara) yang melakukan presentasi tentang komunitas atau kegiatan yang mereka lakuin.

Pembicara di acara bincang edukasi saat ini keren-keren lho. Ini dia nama mereka dan kegiatan mereka:

1. Andy Sutioso – Rumah Belajar Semi Palar

Rumah Belajar Semi Palar adalah sebuah sekolah dengan konsep yang berada di alam terbuka. Karena kata kak Andy Sutioso, manusia itu tidak suka dengan segala hal yang dikotak-kotakan dan dibatasi. Dengan mengambil konsep bermain, anak-anak jadi lebih cepat menanggapi pelajaran. Misalnya saat mereka menanam jagung, mereka belajar Biologi, dan empati untuk merawat tumbuhan mereka.

Padahal Kak Andy sendiri bukan seseorang yang berada di dunia pendidikan lho. Saya salut dengan konsep RB Semi Palar ini.

2. Kandi Sekarwulan – Komunitas Sahabat Kota | @kandi_chan, @sahabatkota

Komunitas Sahabat Kota adalah sebuah komunitas yang ada di kota Bandung, yang mempunyai tujuan untuk menjadikan kota lebih ramah bagi penduduknya. Pendidikan anak-anak pun menjadi salah satu sasaran mereka. Kegiatan mereka cukup seru dan menarik sekali, karena mengambil konsep pembelajaran dengan kegiatan bermain dan berpetualang, seperti pergi ke pasar tradisional, dan datang ke sekolah-sekolah untuk menjelaskan tentang kandungan jajanan yang ada di sekitar sekolah.

Seru banget kegiatan mereka.

3. Dhitta Puti Sarasvati – Rumah Mentari | @warnapastel

Rumah Mentari adalah sebuah sekolah darurat yang diadakan di salah satu rumah seorang guru (mudah-mudahan saya tidak salah) dikarenakan adanya keprihatian dengan adanya keinginan belajar siswa yang tidak tertampung di sekolah. Kebetulan dulu, Kak Puti sempat mengajar di salah satu madsarah yang jumlah muridnya hanya sekitar 11 orang. Lalu dari murid-muridnya ada yang hingga 3 kali mengikuti UN karena tidak pernah lulus hingga akhirnya putus sekolah dan disuruh bekerja oleh orang tuanya 😦

Saat ini Rumah Mentari sudah memiliki banyak orang murid, dan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat mereka.

4. Kolaborasi Cozy Street Corner – Save Our Music & Karina Adistiana – Peduli Musik Anak |@cosystcorner, @anyi_karina

Dari semua presentan yang ada, saya sangat menikmati presentasi dari Kak Anyi dan Cozy Street Corner yang memiliki kegiatan Peduli Musik Anak dan Save Our Music. Apalagi presentasi ini terbilang yang paling lama dari yang lainnya. Di tengah-tengah presentasi itu, audiens juga diajak untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan seperti waktu kita masih kecil dulu.

Saya sendiri baru pertama kali melihat performa Cozy Street Corner, dan mendengar lagu-lagu mereka di acara bined ini. Liriknya sederhana, unik namun bermakna banyak sekali. Karena mereka sendiri membuat musik bukan untuk sekedar diperdagangkan.

___

Selain para presentan, ternyata banyak sekali orang-orang dari komunitas pendidikan yang juga hadir kesana. Seperti Rumah Pelangi, Rumah Edukasi, id cerita bandung (itu saya), Komunitas Semanggi, dan mungkin masih banyak lagi.

Saya mendapat banyak sekali motivasi, inspirasi serta pembelajaran dari meetup kali ini, dimana segala sesuatu yang kita lakukan bila didasarkan pada passion maka akan menjadi hal yang menyenangkan.

Saya juga seakan-akan tertampar karena selama saya hidup selama ini rasanya saya dapat bermanfaat cukup banyak bagi orang lain seperti para presentan dan komunitas yang ada.

Lalu tidak usah terlalu banyak berpikir untuk melakukan sesuatu karena yang paling penting adalah ACTION!

😀

Nb: maaf sekali apabila banyak kejadian-kejadian disana yang lupa saya ceritakan, atau ada beberapa informasi yang salah saya sampaikan. Semoga hasil liputan saya kemarin bermanfaat untuk yang membacanya.

Sampai jumpa di Bined Meetup berikutnya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s