Saya akui umur saya sudah lagi tidak muda, tidak juga terlihat tua. Saya sudah menginjak 21 tahun, usia dimana yang seharusnya sudah mengalami pemikiran-pemikiran matang dan dewasa. Usia yang sudah seharusnya memiliki tujuan-tujuan akan pertanyaan, “Kamu hidup untuk apa? Dan akan menjadi siapa?”

Kalau ditanya hal itu terus terang saja saya belum menemukan jawabannya. Saya belum tahu saya akan menjadi siapa beberapa tahun ke depan, saya masih asik sendiri dengan pikiran-pikiran kekanak-kanakan saya. Mungkin juga saya hanyalah seorang anak kecil yang dipaksa tumbuh menjadi dewasa.

Sekarang saya disibukkan dengan penyusunan Tugas Akhir, maka akhir-akhir ini saya jarang aktif ngeblog, meski ngetweet masih tetap saya lakukan (gak ada bedanya). Saya seperti lupa dunia saya, dunia menulis yang saya sukai dari saya masih berpakaian putih-merah.

Sempat seorang teman bertanya kepada saya, “Kamu kalo lulus mau ngapain?”

Pertanyaan yang sama yang sempat terlontar dari mulut Mama. Waktu itu saya menjawab, “Saya mau jalan-jalan. Keliling, keluar Pulau Jawa.” karena itu adalah salah satu tambahan cita-cita saya untuk bisa keliling Indonesia, dan saya sama sekali belum pernah lari dari Pulau Jawa. :p

Jawaban yang sama juga saya lontarkan kepadanya. Bukannya mendapat dukungan saya malah dinasihati yang menurutnya hal itu bukanlah hal yang baik. Saya harus punya tujuan yang jelas, mau jadi apa saya nanti di masa depan.

Hm… saya berpikir dan sampai sekarang belum menemukan jawabannya. Saya ingin sekali bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan hobi saya, kepenulisan ataupun segala hal yang berbau tentang media. Yang pasti kalaupun tidak bisa mengikuti hal itu, saya tidak mau bekerja di Jakarta, dan menjadi pegawai negeri.

Saya terpikir untuk dapat kabur ke Kalimantan atau Sumatera, memulai kehidupan baru disana secara mandiri. hehehe…

Saya mencoba sedang merancang masa depan saya, semoga Tuhan mengijinkan semua itu menjadi nyata. Amin.

Leave a Reply

