Hallo… saya kembali dengan sebuah catatan perjalanan yang baru. Kali ini tempatnya di Pangalengan. Pangalengan sendiri berada di Kabupaten Bandung dan terkenal dengan susu murni KPBS Nasionalnya. Nggak asing lagi sama nama susu-nya kan? Untuk ke sana sih paling gampang dengan kendaraan pribadi, karena kendaraan umum jarang beroperasi.

Saya pergi ke sana bersama 4 orang teman saya dengan mobil teman saya. Ikut ke sana pun awalnya nggak sengaja. Jadi, saya main ke kosan teman saya dan diajak untuk ikut ke Pangalengan. Tanpa babibu lagi, saya langsung mengiyakan. Lumayan untuk refleksi pikiran sewaktu mengerjakan skripsi waktu itu. Hehe…

Perjalanan sendiri dari Dayeuh Kolot dan memakan waktu sekitar 2 jam. Sampai di sana, kami disambut dengan udara yang dingin meski mataharinya begitu terik, jalan-jalan yang berliku naik turun begitu serta curam, dan pemandangan yang hijau. Beruntung, cuaca waktu itu mendukung kami untuk berjalan-jalan. Tidak hujan sama sekali.

Yap, Pangalengan memang mirip dengan Lembang, karena banyak perkebunan teh yang tersebar. Waktu saya ke sana, saya bermain di perkebunan teh-nya saja sambil berfoto-foto. Masuk ke perkebunannya pun kami tidak harus membayar retribusi, entah karena itu hari kerja atau tidak ada yang sedang menjaganya.

Dan ini dia foto-fotonya:

Kebun teh-nya

2.

Satu pohon yang berdiri di tengah kebun teh

IMG_8549

Kami berlima di kebun teh (fotonya pake timer)

IMG_8613

Dipilih… dipilih… siapa yang paling cantik

IMG_8610

Jangan lepaskan pegangan ya.

Pergi ke perkebunan teh seperti ini memang menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat, emang nggak bosen apa ke Mall melulu?!

Oh ya ada kejadian yang menurut saya paling menarik. Sewaktu kami makan siang dan duduk di sekitar kebun, ada seorang Ibu yang sepertinya pekerja di sini, meminta minum air putih. Dia menggunakan Bahasa Sunda yang halus, sehingga saya dan teman lainnya nggak ada yang ngerti. Setelah kami memberikannya, dia pun bercerita, tapi kami hanya tersenyum saja. Maaf ya Ibu.

Lalu saya juga tidak sengaja melihat dua orang Bapak pekerja yang sedang membawa karung besar. Ketika saya ingin memotretnya, teman saya justru lewat. Tapi hasil fotonya menjadi unik, terlihat adanya ketimpangan sosial antara yang kaya dan yang miskin.

IMG-20130306-02152[1]

Bagaimana? Melakukan perjalanan itu terkadang perlu lho. 😀

___

Bekasi, 5 Mei 2013

One thought on “Catatan Perjalanan: Pangalengan

  1. Catatan prjlnan yg bagus. Bisa utk nulis cerpen. Buatmu,setiap peristiwa dan kejadian apapun hrs ditulis….Utk melatih bakat menulis yg sdh menyatu dlm dirimu. Perbanyak referensi apa saja. Utk memperluas wawasanmu. Memperkaya materi tulisanmu….

Leave a Reply

