BTzLIXECYAABT7P

Menurutku, terminal bus seperti toko serba ada.  Pasar kaget, penjual oleh-oleh, tukang CD, toko kelontong, dan lain-lainnya akan kamu lihat dan jumpai di sana. Tak jarang, para peminta-peminta, pengamen, atau bahkan anak jalanan pun juga bertebaran seperti penjual gorengan di jalan.

Waktu itu, aku sedang melakukan perjalanan ‘pulang’ ke Bandung, menemui teman lama sekaligus bernostalgia dengan kenangan yang pernah terjadi dan selalu aku simpan baik-baik dalam ingatan. Tak sengaja, saat sudah duduk di dalam bus yang masih kosong, aku melihat mereka.

Sepasang pengemis yang duduk di trotoar terminal. Mereka sudah sangat berusia senja. Salah satunya, tepatnya si laki-laki bahkan tidak bisa melihat. Ya, dia buta. Sedangkan si perempuan, entah istrinya atau bukan, duduk bersedekap di sampingnya, sembari berbicara banyak hal yang tidak ditanggapi oleh si laki-laki tua yang sibuk menengadahkan tangan ke orang-orang yang lewat di sekitar mereka.

Sekadar meminta sedikit rezeki dari apa yang sudah pemberi itu dapatkan.

Aku memperhatikan mereka. Sekitar 10 menit, ada sekitar 2 – 4 orang yang memberikan laki-laki itu uang, entah dalam bentuk recehan atau bahkan uang kertas dalam jumlah yang lumayan. Kemudian, aku memperhatikan bus tempatku duduk sekarang. Kursinya empuk dan sangat nyaman. Dalam bus ber-AC, menghalau panas teriknya cuaca yang tidak bisa ditolerir lagi.

Sangat kontras sekali dengan sepasang pengemis tersebut. Mereka duduk di tengah trotoar yang pasti panas, tanpa merasa kepanasan. Berharap ada banyak orang baik yang iba. Aku terus memperhatikan mereka sampai bus yang kutumpangi berangsur dari terminal.

Aku sadar, meskipun mereka kekurangan, mereka masih berusaha untuk hidup meski dengan cara yang salah. Setidaknya, daripada kita yang sudah diberikan banyak hal ‘cukup’ tapi merasa kekurangan, dan terus-menerus mengeluh kesulitan.

___

Jakarta Selatan, 19 September 2013

Foto diambil dari kamera pribadi, untuk #peoplearoundus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s