(weheartit.com)
(weheartit.com)

Semakin dewasa seseorang, tentu akan mencari seseorang yang tepat untuk dijadikan pasangan hidupnya. Tapi kadang-kadang, seseorang yang tepat itu pun rasanya nggak cukup, kalau tidak sebanding dengan sikap yang dia tunjukkan sehari-hari. Menurut saya pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya kamu (dan saya sendiri) jangan memilih orang yang kayak begini:

1. Seorang Perokok

Saya terlahir dari orangtua perokok. Almarhum papa saya dulu seorang perokok yang bisa menghabiskan 1 slot rokok dalam seminggu. Saya terbiasa menghirup asap rokok yang dinyalakan oleh papa saya. Kebiasaan jeleknya itulah yang akhirnya merenggut nyawanya. Oh, saya bukan menyalahkan karena dia perokok, umurnya jadi tidak panjang, tapi bisa jadi kalau dia segera melepaskan kebiasaannya untuk merokok, papa saya mungkin akan tetap hidup sampai sekarang.

Oleh karena itu, saya berusaha untuk menjauhkan diri dari rokok, menjadi perokok aktif maupun perokok pasif. Kalau ada orang yang merokok di sekitar saya, saya akan menaikkan masker atau segera menutup hidung dan mengibaskan tangan. Saya tidak mau apa yang terjadi dengan papa saya, terjadi juga pada diri saya sendiri. Termasuk saya tidak akan memilih seseorang yang merokok. Saya bukan anti perokok, saya hanya menghindar dari bahaya rokok. Begitu saja, sesederhana itu.

2. Menjelekkan/masih membicarakan mantannya

Wajar ya, di dalam sebuah hubungan sempat terjadi ketidakcocokan hingga akhirnya putus di tengah jalan. Terlebih bila putusnya tidak baik, tentu banyak menimbulkan sebuah cercaan dari seseorang yang menjadi pasangan kita. Tapi wajar nggak sih, kalau dia menjelek-jelekkan atau masih membicarakan mantannya di depan kamu? Bisa jadi kalau kalian putus, dia akan melakukan hal yang sama. Hih… Nggak… nggak banget deh.

3. Membuang sampah sembarangan

Sedari kecil, apalagi waktu SD, tentu guru-guru sering mengingatkan kalau membuang sampah sembarangan itu termasuk perbuatan tercela. Tapi sayangnya, teori terkadang lebih gampang dibandingkan praktiknya. Masih banyak juga orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, termasuk di dalam Mall, yang notabene memang ada petugas kebersihan.

Kemarin, saya tidak sengaja melihat orang yang membuang bungkus permen begitu saja, padahal beberapa meter di depannya ada tempat sampah. Dia sedang menggandeng pacarnya dan tidak menunjukkan sikap tidak bersalah sama sekali. Kalau saya jadi pacarnya pasti saya tegur. Duh…

Mengutip kata teteh @andiana tentang cowok yang saya ceritakan itu -> cowok model gitu mah tinggalin aja. buang permen karet sembarangan? dia bakalan “ngebuang” kamu seenak jidat juga. mamam tuh!

4. Ingkar janji

Janji adalah hutang. Begitupun apa yang sudah diucapkan, seharusnya bisa dipertanggungjawabkan. Kalau belum apa-apa sudah sering ingkar janji, bagaimana ketika kalian memasuki jenjang pernikahan nanti?

5. Pemalas

Nah, malas ini kadang sudah menjadi sikap bawaan setiap orang. Saya pun orang yang pemalas, terutama bila berurusan dengan hal mandi. Hihihi… Tapi lain ceritanya, orang yang kalian anggap tepat itu sebagai seorang yang pemalas. Apalagi sudah di usia produktif buat bekerja, dia masih tergantung sama orangtuanya. Jangan sampe begitu, ya. >.<

6. Tidak punya visi masa depan bersamamu

Setiap orang yang bersama dalam sebuah keterikatan, tentu punya rencana jangka panjang bersama pasangannya, kan? Seandainya namamu tidak ada dalam visi masa depannya, lalu buat apa kamu pertahankan orang seperti itu? Hanya membuang-buang waktu saja. Meski cinta harus juga pakai logika (lalu gaya Agnezmo) dan kamu tidak perlu menunggu orang seperti itu.

Hm… apalagi, ya? Kayaknya 6 hal itu saja yang harus diperhatikan ketika kamu akan memilih orang-yang-tepat. Tentu setiap orang punya kriteria yang berbeda-beda, tapi inilah kriteria menurut saya, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Ngomong-ngomong, ada yang mau menambahkannya dalam versimu sendiri? Silakan. πŸ™‚

Advertisements

6 thoughts on “Jangan Memilih ‘Dia’ yang Seperti Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s