Everything has changed

Ya, setiap hal pasti berubah, seperti kata orang bijak, “kalau hal yang pasti adalah perubahan itu sendiri.”

Kamu tentu akan sadar tentang perubahan-perubahan yang kamu alami, mengikuti perputaran waktu yang berjalan setiap hari. Setiap tahun kamu akan bertambah usia, menempuh pendidikan yang lebih tinggi, patah hati lebih banyak namun belajar untuk tidak mudah jatuh cinta, misalnya. Seiring dengan itu, orangtuamu ikut bertambah tua bersamamu, yang sering kali kamu tidak pernah menyadarinya. Sesekali lihatlah wajah mereka lebih dekat, dekap mereka, doakan mereka juga.

Waktu… Perubahan…

Dua hal itu yang akan berjalan beriringan bersamamu. Kamu tentu juga banyak berubah, tidak hanya sekadar dari perubahan fisik, tapi juga kematangan pemikiran. Kedewasaan pun mungkin akan menyelimuti dirimu. Karena tidak semua orang yang bertambah usia, bertambah dewasa, katanya. Maka beruntunglah kamu, kalau kamu mendapatkan keduanya.

Terkadang dalam perjalananmu ke tahap menuju ‘dewasa’, kamu akan menemukan sandungan. Seperti kamu seakan tidak mengenal dirimu. Perubahan yang drastis, terkadang tidak diikuti kesesuaian dalam beradaptasi dalam diri sendiri.

“Siapa saya?”, “Apa yang saya lakukan?”, “Bagaimana masa depan saya nanti?”

Itu ketakutan yang sering dihadapi olehmu yang pernah melewati masa-masa bahagia menjadi seorang anak-anak, yang tiba-tiba terrenggut oleh proses penuaan. Hahaha…

Semua orang pasti akan mengalaminya. Aku, kamu, tidak akan bisa melewati hal ini. Kamu tidak perlu mempermasalahkan hal ini, karena itu juga bagian dari hidupmu.

___

Jakarta, 25 Juli 2014

Dari lantai 20, dipikirkan saat perjalanan pulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s