Siapa yang sering ditanya seperti judul di atas? Kalau iya, berarti saya tidak sendiri. :’)

Saya sering ditegur oleh Mama kalau dia melihat saya membeli buku dalam jangka waktu yang berdekatan. Apalagi waktu papa masih ada, di mana beliau sering mengajak saya dan adik untuk ke toko buku dan membebaskan kami membeli buku apa saja yang diingini. Kalau sudah begitu, Mama cuma mengelus dada dan memikirkan tagihan kartu kredit bulan depan.

Jadi, kira-kira apa jawaban dari pertanyaan, “Kenapa sih beli buku terus?”

Saya cuma angkat bahu, karena nggak tahu. Saya suka membeli buku, bahkan suka terlalu impulsif mengambil buku apa saja yang ada di rak dan belum saya baca. Sampai teman saya harus menahan saya untuk tidak kalap.

“Bel, jangan beli buku banyak-banyak. Coba itu belanjaannya dikurangi. Beli lagi bulan depan.”

Hehehe…

Saya memang tidak punya budget khusus buat membeli buku. Tapi, ketika pertengahan bulan di masa-masa kritis sebelum gajian, saya bisa dibuat tercengang akan saldo di ATM.

“Hah? Kenapa uangnya tinggal segini? Oh, iya, sempet buat beli buku”

Begitulah khilaf yang terus berulang setiap bulan. Sampai saya tidak punya baju baru yang bisa dipakai di kantor. Heu… Koleksi buku saya di rumah sendiri lumayan banyak, meski mungkin tidak sebanyak koleksi teman-teman pecinta buku dan mungkin belum bisa dijadikan sebuah perpustakaan.

Ini rak buku di kamar. Cuma posisi buku sudah berubah seiring banyak buku yang dipinjam atau dijual di LBS
Ini rak buku di lantai 2. Sama juga kayak rak buku di kamar, posisi sudah berubah juga

Saya sebenarnya juga sudah berusaha untuk mengerem pengeluaran saya untuk membeli buku dan mengalokasikan untuk pengeluaran lainnya. Tapi apa mau dikata, buku tetap menjadi pilihan saya buat ‘jajan’, walaupun banyak juga buku yang belum dibaca. :’)

Target saya sekarang sih, menyelesaikan satu per satu buku yang saya beli sebelum memutuskan membeli buku baru. Semoga benar-benar bisa mengatur semuanya.

Oh, ya, kalo misalnya ada yang bingung ngasih jawaban dari judul di atas, mungkin harus melihat foto yang ada di bawah ini :

Tumblr
Tumblr

Yeah… Because books is infinity…

4 thoughts on “Kenapa Sih Beli Buku Terus?

  1. Ah, aku juga. Nyokap sampai beli lemari kecil khusus bukuku.
    …dan tentu saja masih gak muat XD
    Aku juga tergolong impulsif, sering beli karena liat cover, judul, penulis dan harganya aja 😛

Leave a Reply

