Buy what do you need, not what do you want

Belilah apa yang kamu butuhkan bukan apa yang kamu inginkan.

Bukankah begitu seharusnya yang benar? Sayangnya tidak semua orang menerapkan demikian.

Semisalnya, ada orang yang harus memakai baju bermerk tertentu supaya meningkatkan rasa percaya dirinya. Ada juga yang memilih mengganti gadgetnya dengan teknologi yang lebih canggih dan lebih mahal pastinya, supaya terlihat ‘wow banget’.

*

Membeli yang tidak dibutuhkan dalam satu dan lain hal, bisa jadi hal yang baik lho. Apabila niatnya untuk membantu yang lain. 🙂

Seperti saat kamu melihat ada pedagang jepitan yang sedang mangkal, belilah satu atau dua barangnya. Seribu, dua ribu, bahkan sepuluh ribu uangmu pasti begitu berarti untuknya. Walaupun barang yang kamu beli itu murahan dan kamu tahu kamu tidak akan memakainya sampai kapanpun. Kalau sudah begitu, kamu bisa memberikannya kepada orang lain, seperti tetanggamu.

Atau kamu tengah melihat seorang Ibu penjual jamu gendong yang sudah tua. Belilah dagangannya sambil mengajaknya mengobrol. Kamu juga bisa memberikannya uang bayaran lebih dari harga segelas jamu yang kamu minum.

Setidaknya itu jauh lebih berarti ketimbang kamu memberikan recehan kepada orang yang hanya menegadahkan tangan.

*

Memang sesekali kamu harus membeli apa yang tidak kamu butuhkan. Supaya kamu tahu masih banyak orang yang jauh lebih membutuhkan dan menyadarkanmu betapa pentingnya bersyukur.

Advertisements

2 thoughts on “Membeli yang Tidak Butuh

  1. memang membantu tidak harus secara langsung bisa dengan cara membeli barang daganganya atau apalah… yang jelas mereka akan merasa lebih dihargai GOODJOB salam aja buat yang posting udah nambah inspirasi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s