Baca cerita sebelumnya di sini

Saya sebut ini sebagai napak tilas sebagian tempat proklamasi karena hanya dua tempat saja yang saya datangi, padahal seharusnya ada tiga (atau lebih), dan yang terlewatkan adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Selesai ke Gedung Joang ’45 dan makan di Sabang, kami agak bingung akan ke mana lagi. Saya sih terserah Winda aja, karena saya jadi guide-nya gitu. Uhuk,,,

Awalnya ingin ke GI, tapi agak jauh dari Sabang, naik CL pun harus transit dulu di Manggarai dan mau ngapain ke sana, akhirnya kami memutuskan buat ke Taman Proklamasi seperti rencana awal.

Berhubung kami sudah cukup capek, sudah begitu tidak tahu tempatnya, akhirnya kami naik Bajaj lagi. Yeah, ke Jakarta tak lengkap rasanya kalau tidak naik bajaj, apalagi bajaj orange yang keberadaannya semakin jarang.

Pake Seragam Kobagas
Pake Seragam Kobagas

Selama hampir 20 menit, dan jalan yang dilewati cukup jauh, kami pun tiba juga di Taman Proklamasi. Hari itu semakin terik dan panas. Untunglah saya pakai topi dan kacamata, Huehehehe…

Pas lagi mau masuk ke dalam, kami sempat dicegat sama satpam.

“Mau ngapain, mbak?” tanyanya

“Mau liat ke taman, pak,” jawab saya.

“Oh, silakan kalo gitu…”

Masuk taman ini GRATIS!!!

Saya agak bingung, kenapa tiap kali saya mengunjungi tempat dan museum (Salah satunya museum taman prasasti) selalu ditanya mau ngapain. Emangnya muka saya kriminal amat, ya? Atau jutek?!

Hai, duo proklamator
Hai, duo proklamator
monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan
monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan

Taman atau Tugu Proklamasi berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat dan menjadi pernah menjadi kediaman Soekarno sebelum beliau dilantik sebagai Presiden pertama RI.

Di tengah-tengah dua patung proklamator terdapat patung naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam yang bertuliskan naskah Proklamasi seperti ketikan aslinya.

Naskah proklamasi
Naskah proklamasi
Tempat ini diresmikan oleh Pak Harto
Tempat ini diresmikan oleh Pak Harto tahun ’80
Soekarno saat membacakan teks Proklamasi
Soekarno saat membacakan teks Proklamasi
Bung Hatta
Moh. Hatta

Tidak hanya monumen Proklamasi saja, di taman ini juga terdapat Tugu Petir yang merupakan penanda bahwa Proklamasi pernah dibacakan di tempat ini. Tugu ini dinamakan Tugu Petir karena berbentuk bulatan tinggi berkepala lambang petir, seperti lambang PLN.

Tugu Petir
Tugu Petir
IMG_20150207_142236
Tulisan di Tugu Petir

Selain itu juga terdapat prasasti yang menjadi tanda pencangkulan pertama tanah untuk pembangunan Tugu Petir oleh Soekarno.

Pencangkulan pertama Soekarno untuk pembangunan Tugu Petir
Pencangkulan pertama Soekarno untuk pembangunan Tugu Petir

Ada juga Tugu Peringatan Satu Tahun Republik Indonesia yang tertulis “Atas Oesaha Wanita Djakarta”.

Tugu Satu Tahun RI
Tugu Satu Tahun RI
Terakhir, selfie lagi
Terakhir, selfie lagi

Tadinya kalau masih sempat, saya ingin mengunjungi Museum Naskah Perumusan Naskah Proklamasi. Sayangnya waktu yang terbatas dan lokasi yang cukup jauh dari Taman Proklamasi (menurut informasi dari satpam), niat tersebut saya urungkan. Mungkin bisa lain kali, bersama Winda atau siapapun yang mau saya culik dan ajak muter-muter. *ketawa jahat.

Perjalanan kami berdua pun ditutup dengan menonton Imitation Games di Metropole XXI.

Terima kasih Winda dan siapapun yang sudah membaca tulisan ini. 🙂

___

Bekasi 9 Februari 2015

Sampai ketemu di catatan perjalanan berikutnya

Advertisements

4 thoughts on “Napak Tilas Sebagian Tempat Proklamasi bagian II

  1. Assalamualaikum Wr. Wb. Mbak Bella, izin memposting foto-foto ini di Facebook dengan mencantumkan sumber bellazoditama.wordpress.com untuk meramaikan 17 Agustus. Terima kasih banyak. Wass.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s