Sebagai orang yang setiap hari mengakrabkan diri dengan kata-kata (halah), saya jadi begitu sensitif sekali dengan kata atau kalimat yang tidak sesuai.

Entah ejaannya yang salah, tata kalimat yang tidak baik, peletakan tanda baca, dan pelbagai macam permasalahan tata bahasa. Hal itu, tidak hanya saya jumpai pada tulisan blogger yang suka saya kunjungi, tapi juga dari berita di media online yang saya baca.

Kadang suka gemas sendiri dan pengin banget ambil pulpen terus ngasih tahu apa yang salah. Terus kenapa beritanya bisa live walaupun banyak kesalahan bahasa? :/

Oke, ini bisa dibilang lebay, karena saya pun juga masih belajar tata bahasa yang baik dan benar. Tapi, berbahasa yang baik dan benar memangnya sulit? Padahal banyak referensi yang bisa dipelajari. Kalau malas belajar, ya, minimal nanya orang yang mengerti.

Terlebih bila tulisan itu berhubungan dengan massa, orang banyak. Pelanggan, pembaca dan lainnya.

Salah satu operator telepon yang saya pakai, ternyata tidak lepas dari hal itu.

Isi SMS blast-nya begini : image Sekilas tidak ada yang salah dengan kalimat itu. Wajar. Namun, sebenarnya ada beberapa kesalahan. Antara lain penggunaan huruf kapital yang tidak pada tempatnya, serta yang paling fatal adalah kata ‘di rubah’.

Apa itu di rubah?

Akhirnya saya me-mention mereka via twitter dan ditanggapi : image Ini bukan komplen. Mungkin tak banyak orang yang menyadarinya. Hanya saja, kalau kesalahan bahasa menjadi sebuah pemakluman terus-menerus, sampai kapan kita mau belajar bahasa yang baik dan benar? 🙂

3 thoughts on “Berbahasa yang Baik dan Benar Itu Sulit?

  1. aku juga sering ngalamin hal yang sama bel… berbahasaku emang masih amburadul sih, tapi suka gregetan kalau nemu yang kayak gini.. hihihi..menampar diri sendiri 😀

Leave a Reply

