Haiii… Kembali lagi pada cerita perjalanan saya ke Balikpapan. 😀

Jadi, berbekal hasil berselancar di internet, saya menemukan sebuah tempat yang pengin saya datangi di Balikpapan. Salah satunya adalah Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur.

Selama ini saya tidak tahu terlalu banyak tentang perjuangan rakyat sebelum dan sesudah masa kemerdekaan di Kalimantan, karena biasanya yang menjadi pusat segala cerita selalu berada di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan sedikit Irian Jaya, Bali, dan Sulawesi. Atau mungkin saya yang terlewat, ya.

Mobil yang dikemudikan oleh Pak Heri berhenti di area parkir Taman Monpera yang ketika itu begitu lengang, karena orang-orang pada salat Jumat dan cuaca siang yang sedikit mendung, sehingga cukup malas keluar rumah.

Setelah turun dari mobil, seperti anak yang kehilangan induk, saya bergegas menaiki tangga taman untuk melihat monumen lebih dekat.

wpid-p_20150828_121320.jpg
Bonus sedikit tangan

Sebelum membahas kondisi, mari kita membahas sedikit soal asal muasal Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur ini. Bangunan ini rupanya didirikan untuk mengenangkan dua kejadian bersejarah yang pernah terjadi di Balikpapan, yaitu usaha penghalangan oleh masyarakat Balikpapan atas kedatangan pasukan tentara Belanda yang memasuki daerah Pantai Klandasan Ilir, dan pembantaian besar-besaran oleh Tentara Jepang terhadap Serdadu Belanda untuk memperebutkan Sumur Mathilda, sumur minyak pertama yang ditemukan di Balikpapan.

Selepas peperangan, sumur Mathilda direbut kembali oleh masyarakat Balikpapan dan untuk mengenang jasa mereka dibangunlah ukiran batu dengan bentuk tentara Indonesia bersama masyarakat Balikpapan yang melambangkan perjuangan masyarakat Balikpapan.

wpid-p_20150828_121516.jpg
Tiga pejuang yang membawa mandau dan tameng
wpid-p_20150828_120917.jpg
Diresmikan tahun 1983
wpid-p_20150828_121114.jpg
Tulisannya timbul tenggelam gini 😐
wpid-p_20150828_121024.jpg
Sedikit tentang Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur

Ketika tiba di atas, saya menaruh rasa hormat kepada para pejuang yang berhasil memperebutkan kembali hak mereka dari tangan penjajah meski harus mengorbankan banyak hal termasuk nyawa sebagai taruhan. Rupanya, tidak semua orang bisa menaruh hormat kepada simbolisasi dari masa lalu. Walaupun hanya sebuah monumen, tapi mbok, ya, dihargain dikit gitu. Kondisi monumen dan di sekitarnya kotor dan penuh sampah. Semacam tidak terawat padahal tidak jauh dari situ terdapat tempat rekreasi.

wpid-p_20150828_121119.jpg
Di selokan di bawah monumen

Bahkan kata Pak Heri, dulu di salah satu sisi monumen terdapat semacam air mancur sebagai hiasan dan untuk memperindah monumen. Tapi ketika saya ke sana, tidak ada air mancur, hanya terlihat bekas susunan bangunan yang sekilas kayak air mancur, karena rupanya dulu sering menjadi tempat warga buang air kecil. Sehingga yang terjadi adalah bau pesing menguar di mana-mana. Iyuuuhhh… Jorok banget.

wpid-p_20150828_123107.jpg
Ini bekasnya
wpid-p_20150828_122121.jpg
Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur dari jauh

Nah, di seberang Monumen Rakyat Perjuangan Kalimantan, terdapat markas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Komando Daerah Militer VI Mulawarman, di mana terdapat patung Jenderal Soedirman yang sedang hormat. Kayak di Jakarta, ya. 😀

wpid-p_20150828_120934.jpg
Patung Sudirman

Melihat apa yang ada, saya tersenyum sendiri. Dapat diartikan bahwa Jenderal Soedirman seperti memberi hormat kepada para pejuang yang ada di Balikpapan yang diabadikan dalam Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur ini. Ya, jenderal sebesar Soedirman aja bisa memberi rasa hormat, kenapa kita sendiri tidak bisa? 🙂

*

Alamat Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur

Jl. Jenderal Sudirman, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Advertisements

3 thoughts on “Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur, Riwayatmu Kini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s