Hari ini diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia, karena pada tahun 1922, Frederick Banting berhasil menemukan insulin, yang sangat berharga bagi para penderita diabetes. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sekelompok sel di dalam pankreas yang disebut dengan Langerhans, dan fungsinya ‘menjaga’ diabetesi – para penderita penyakit diabetes.

Saat tahu tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes, saya berusaha mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan penyakit tersebut untuk dituliskan di Hipwee. Betapa terkejutnya saya, karena diabetes menjadi momok menakutkan bagi penduduk Indonesia – bayangkan saja di tahun 2014 lalu, Indonesia menjadi negara ke-5 dengan jumlah penderita diabetes (sumber dari sini) – dan penyakit ini pun mulai menyerang usia muda, mulai umur 20-40 tahun. Serem, kan? Ini pasti gara-gara gaya hidup yang emang kacau banget. *ambil kaca*

*

Dan ini adalah artikel yang saya tulis. Semoga informasi ini membantu 🙂

Diabetes atau kencing manis adalah salah satu pembunuh pendiam yang paling umum di Indonesia. Disebut “pendiam”, karena diabetes sulit terdeteksi gejala awalnya. Penyakit ini bila didiamkan dalam waktu lama akan sulit untuk disembuhkan, dan bisa menyebabkan kematian.

Gawatnya, sekarang diabetes tak hanya menyerang orang tua saja. Mereka yang berusia 20-40 tahun pun bisa terserang sakit gula.

Gaya hidup yang tidak sehat (makanan kurang serat, minuman banyak gula, kurangnya aktivitas fisik dan olahraga) ikut menyumbang semakin banyaknya anak muda yang terserang penyakit ini. Tapi jangan takut, ada beberapa hal di bawah ini yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya!

 

1. Hati-hati sama perut buncitmu, karena itu bisa menjadi awal dari penyakit diabetes

Perut buncit

Perut buncit via www.deherba.com

Banyak penyakit yang bersumberdari lemak perut, termasuk diabetes. Coba perhatikan dan hitung lingkar perutmu.

Lingkar perut yang ideal untuk perempuan adalah tidak boleh lebih dari 80 cm, sedangkan untuk laki-laki tidak boleh lebih dari 90 cm.

Namun, kalau kamu bingung mengukurnya, kamu bisa menggunakan jengkalan tanganmu. Usahakan tidak boleh lebih dari empat jengkal tangan, ya, karena bila lebih dari itu, bisa menjadi bahaya penyakit diabetes.

 

2. Buat kamu yang kelebihan berat badan, coba pelan-pelan kurangi berat badan yang berlebihan

Kegemukan bisa menyebabkan berbagai penyakit

Kegemukan bisa menyebabkan berbagai penyakit via ineedfatacceptance.tumblr.com

Salah satu faktor terbesar dari penyakit diabetes adalah karena kelebihan berat badan, persentasenya bahkan mencapai 80%.

Orang dewasa yang mengalami kegemukan, harus mengurangi berat badan mereka sebesar 16% supaya terhindar dari risiko diabetes. Jadi, usahakan berat badanmu dalam kisaran normal, ya.

 

3. Daripada meminum teh manis, mending ganti dengan air putih sekarang

Minum teh boleh, asal jangan yang berlebihan

Minum teh boleh, asal jangan yang berlebihan via pahq.co

Teh manis, tambah es batu, diminum pas cuaca lagi panas-panasnya. Ah, segarnya!

Tapi, tahukah kamu, dalam segelas teh manis ini ada bahaya berupa 300 kalori? Padahal, dalam sehari rata-rata kita hanya membutuhkan 2000 kalori saja.

Kebayang nggak, jumlah kalori yang bakal masuk ke tubuh bila kamu meminum teh manis 2 kali sehari? Nah, daripada minum teh manis, mending mulai sekarang rajin minum air putih ya!

 

4. Doyan makan boleh, tapi terapkan porsi makan yang cukup

Makanlah dalam porsi yang cukup

Makanlah dalam porsi yang cukup via dangstars.blogspot.com

Saat makan, cobalah menyeleksi makanan mana yang terbaik untuk kamu makan.

Terapkan juga aturan makanmu sendiri, seperti tiga kali sehari dan jangan makan yang berlebihan. Kalau kamu gampang lapar, atur makananmu dalam porsi kecil-kecil.

 

5. Selalu tambahkan porsi makanan berserat dalam piringmu

Makanlah yang banyak serat

Makanlah yang banyak serat via kellyeatsdaily.tumblr.com

Demi kesehatanmu sehari-hari, serat sangat penting bagi tubuh. Seratlah yang berfungsi merangsang aktivitas saluran usus dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam tubuh.Serat bisa kamu dapatkan baik dalam buah dan sayuran.

Usahakan untuk menambahkan porsi sayuran dan buah-buahan dalam makananmu. Seandainya kamu tidak suka dengan sayur-sayuran, kamu bisa membuatnya dalam bentuk jus dan dicampurkan dengan makanan favoritmu.

 

6. Makanan yang kekinian memang lucu dan enak, tapi apakah menyehatkan?

makanan-kekinian

Makanan kekinian, sehat nggak? via it.avatar-nusantara.com

Banyak makanan yang lucu, enak dan menggiurkan dijual di instagram maupun saat pameran. Meski terlihat enak, jangan sampai kamu mengabaikan sisi kesehatanmu.

Sebelum membelinya, coba pikiran dulu hal ini : apakah makanan itu sehat dan baik untuk dikonsumsi?

Terlebih bila makanan manis dan biasanya mengandung gula. Gula yang berlebihan pada makanan sangat berbahaya bagi tubuh, karena bisa merusak jantung, kanker, penuaan, dan tentunya menjadi penyebab diabetes.

 

7. Bila kamu perokok, matikan puntung rokokmu segera!

Merokok itu tidak baik untuk kesehatan

Merokok itu tidak baik untuk kesehatan via artithan-artpage.blogspot.com

Kebiasaan merokok banyak dilakukan di kalangan muda. Menghisap nikotin memang memiliki efek menenangkan, tapi bila sering dilakukan sangat tidak baik bagi kesehatan.

Banyak penyakit yang menyerang dimulai dari kebiasaan merokok, seperti jantung, kanker, dan diabetes.

Kegiatan merokok ternyata dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah. Maka, segera matikan puntung rokokmu atau jangan mencoba untuk merokok!

 

8. Kamu yang sibuk bekerja, jangan kebanyakan duduk! Kunci pencegah diabetes adalah berolahraga

Jangan lupa olahraga

Jangan lupa olahraga via ianderry.tumblr.com

Menjadi pekerja kantoran, membuat kamu menjadi melupakan banyak hal, termasuk malas untuk beranjak dari tempat dudukmu yang sekarang. Padahal salah satu penyebab diabetes di usia muda, karena seseorang jarang bergerak dan melakukan olahraga.

Olahraga memang bikin capek, tapi dengan banyak bergerak bisa membantu membakar lemak dalam tubuh.

 

9. Jika kamu punya garis riwayat keturunan diabetes, kamu harus dobel-waspada

Hati-hati diabetes itu menurun

Hati-hati diabetes itu menurun via theartmad.com

Faktor lain penyebab diabetes adalah faktor keturunan. Semisalnya kamu mempunyai orangtua dengan riwayat penyakit diabetes atau keturunan diabetes, sebaiknya segera waspada, karena kamu lebih berisiko terkena diabetes dibandingkan mereka yang tidak memiliki garis riwayat sama sekali.

Jika kamu sendiri tidak tahu, segera tanyakan ke orangtuamu sebelum semuanya terlambat.

 

10. Jangan malas-malas ke dokter hanya sekadar mengecek kadar gula darah

Cek gula darah secara rutin

Cek gula darah secara rutin via www.youtube.com

Keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah disebut gula darah. Kadar gula darah yang normal pada tubuh penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh. Namun ceritanya akan lain, jika kadarnya terlalu tinggi atau rendah.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau rendah bisa memberikan dampak buruk baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Cara mengetahuinya adalah dengan memeriksakan ke dokter.

 

Ayo, cegah diabetes mulai dari sekarang daripada menyesal kemudian. Bagi kamu yang nggak mau mengalami penyakit diabetes di usia muda (amit-amit, ya), kamu bisa memulainya dengan mengubah gaya hidupmu. Pada akhirnya, semua jenis penyakit yang menyerang tubuh, adalah akibat dari kelalaian diri sendiri untuk menjaga kesehatan. Semoga kamu selalu terhindar dari penyakit dan tetap sehat!

*

Artikel aslinya bisa dibaca di sini.

Advertisements

2 thoughts on “Sedikit Catatan tentang Peringatan Hari Diabetes Sedunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s