Tulisan ini bukan sponsored post. Saya hanya mencoba sharing saja


Sebagai pekerja Ibukota sekaligus kelas menengah ngehe, kehadiran transportasi online di tengah-tengah keruwetan hidup  jalanan di Jakarta benar-benar sangat membantu sekali. Terlebih dengan hadirnya banyak promo yang tidak habis-habis, meskipun saya sendiri agak kurang setuju jika promosi dan perang tarif begitu gencar sehingga membuat konsumen seperti saya begitu dimanjakan.

Begitu terbiasa dengan tarif yang murah, ketika mendapatkan tarif yang jauh lebih mahal dibandingkan biasanya, membuat saya kadang merasa bingung sendiri. Terlebih di hari Jumat sore, sehabis pulang kantor. Telat pulang kantor dalam rentang satu jam saja, tarifnya bisa langsung meningkat tajam dan susah mendapatkan driver. Alhasil, kadang saya lebih memilih naik Metromini daripada harus membayar Rp 19.000,00 untuk perjalanan dari Kuningan ke Stasiun Manggarai atau Stasiun Gondangdia.

Di antara tiga perusahaan transportasi online, Gojek menawarkan cashless lewat Go-Pay. Sejak kemunculannya pun, sebenarnya Gojek sudah mulai mengadopsi cashless tapi waktu itu kayaknya belum ada namanya. *apa sih mbak

Awalnya saya juga bukan pengguna Gojek, karena aplikasinya sering eror, susah mencari driver terlebih saat jam sibuk dan memang tempat meeting point di mana hampir berjejer orang-orang dengan seragam hijau, tidak adanya nomor polisi pada aplikasi, serta banyak kekurangan dibandingkan dengan merek sebelah. Oh, iya, ini versi saya dan semua tergantung pada kenyamanan masing-masing, ya.

Nah, karena nggak pernah menggunakan aplikasi Gojek, saya sampai dua kali dapat redeem Go-Pay sebesar Rp 50.000,00. Lalu saat ke Bandung, pertama kalinya saya pun isi ulang Go-Pay, itu pun lewat deposito driver langsung. Setelahnya, saya jarang isi ulang lagi karena merasa belum terlalu butuh.

Namun, setelah agak lama tidak menyentuh Gojek dan tertarik dengan promonya di mana tarif terendah hanya Rp 2.000,00 saja, saya jadi menggunakannya lagi dan baru tahu kalau sekarang Gojek sudah menambahkan nomor polisi di aplikasi, walau sebenarnya nggak berpengaruh banget kalo tipe motornya tidak tercantum. *mbaknya labil

Akhirnya saya pakai Gojek lagi untuk dua alasan:

1) Ketika nggak punya receh,

2) Ketika ke tempat yang tidak terlalu ramai jadi nggak repot buat order

Saking seringnya menggunakan Gojek sekarang, saya nggak sadar kalau saldo Go-Pay saya menipis. Sudah begitu, dua kali dapat driver Gojek yang tidak memiliki deposit sehingga saya tidak bisa isi ulang saldo. Lalu gimana coba? Saya pun mengecek tentang pengisian saldo Go-Pay yang ternyata bisa dilakukan lewat mobile banking Mandiri.

Wah, kebetulan sekali bukan? Begini kira-kira tahapannya:

1. Buka aplikasi GoJek di gawai

Mbak Dian naik ojek aja cakep ya

2. Klik bagian Go-Pay lalu pilih Top Up

Pilihan Top Up cari Mobile Banking Mandiri

 

Tampilannya akan muncul instruksi seperti ini

3. Buka aplikasi Mobile Banking Mandiri kemudian masukan username dan PIN

Di HP saya ada di sebelah kiri

4. Pilih bagian Bayar->Lainnya->Gojek Customer (Sesuai Instruksi)

Tampilan bayar
Jangan lupa cari bagian lainnya
Pilih Go-Pay Customer

5. Masukkan nomor HP dan nominal. Setelah itu, silakan klik lanjut

Notifikasinya seperti ini

6. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN SMS Banking

Masukin nomor PIN SMS banking ya, bukan masukin nomor HP mantan

7. Cek Kotak Masuk apakah transaksi sudah berhasil atau belum

Seperti ini notifikasinya

8. Buka aplikasi Go-Jek dan Go-Pay sudah terisi otomatis

Saldonya nambah deh

Ternyata mengisi Go-Pay sangat mudah dan nggak repot. Tapiiii… Ini adalah percobaan kedua saya, karena waktu pertama saya mau isi ulang, tapi transaksi ditolak melulu entah kenapa.

Itu tadi cara saya untuk isi ulang saldo Go-Pay lewat mobile banking Mandiri. Bisa jadi tampilan serta instruksinya akan berbeda antara gawai yang satu dengan gawai yang saya pakai yaitu Asus Zenfone 5. Terima kasih sudah berkenan membacanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s