Hampir setahun saya berjuang melawan jerawat parah. Tulisan ini pun masih menjadi top post sampai sekarang, hingga akhirnya saya memberanikan diri buat menulis salah satu holy grail yang membantu saya sembuh dan bangkit lagi.

Terkesan berlebihan, ya, tapi begitulah adanya. Kondisi muka waktu itu benar-benar membuat saya menjauhi cermin, menutup telinga rapat-rapat, bahkan saya sempat hopeless dan mendatangi dokter kulit buat ‘ngebenerin’ muka saya. Setelah satu kali datang berobat, karena malas mengantre lama, tempat praktik yang jauh, dan tentu saja dari segi harga yang mahal, saya pun kembali trial and error mencoba berbagai macam produk untuk membantu menyembuhkan wajah saya.

*

Sampai saya pun bertemu dia. Ya, dia adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Saya sendiri sudah memakai produk ini sejak bulan Oktober 2017 hingga sekarang.

Sebelum menemukan Cetaphil Gentle Skin Cleanser, saya sempat berganti-ganti facial wash. Mulai dari Himalaya, Garnier Matcha, dan Hada Labo, dan banyak merek facial wash yang beredar di pasaran tapi enggak ada yang benar-benar memberikan pengaruh. Saya bukan bermaksud menjelek-jelekkan, ya, tapi setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda-beda. Adik saya justru cocok banget sama rangkaian produk dari Hada Labo sementara saya enggak.

Padahal banyak orang yang merekomendasikan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini pada saya. Namun, seperti kata pepatah gajah di pelupuk mata tidak tampak, kuman di seberang lautan tampak, begitulah hubungan saya dengan Cetaphil. Saya pikir sabun cuci muka ini termasuk produk drugstore yang mahal. Eh, setelah beli malah buat jatuh cinta. Jatuh cinta itu emang lucu sekali…

Penyelamatku. Baru sadar kalau tutupnya kebalik. 

Dilansir dari website mereka, ini rincian tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser:

Cetaphil Gentle Skin Cleanser is a mild, non-irritating formulation that soothes skin as it cleans. In fact, it’s gentle enough for a baby’s delicate skin. Designed specifically to work for all skin types, it is a simple, yet highly effective way to care for your skin.

• Our best-seller and fan favorite

• As gentle as it gets — soothes and cleanses, leaving skin smooth and soft

• Mild, soap-free formula cleanses without irritation — it won’t strip skin of its natural protective oils or emollients

• Moisturizes without leaving residue that can clog pores

Terus gimana kenyataannya? Yuk, mari kita urai satu per satu tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini.

Packaging

Cetaphil 250 ml yang seukuran kepalan tangan
Bagian belakang kemasan

Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini memiliki 4 ukuran:

  • 125 ml
  • 250 ml
  • 500 ml
  • 1000 ml

Iya, kalian enggak salah baca karena ada ukuran yang 1 L. Saya sendiri pertama kalinya beli yang ukuran 500 ml di Tokopedia dan ngerasa kaget karena kemasannya yang segede bagong. :))

Dengan dominan warna putih-biru kayak seragam SMP, Cetaphil mungkin ingin memberitahukan bahwa produknya bisa dipakai oleh segala gender. Menurut saya kemasannya sih agak gendut dan sedikit makan tempat kalau dibawa buat jalan-jalan.

Meski ada ukuran yang 125 ml tapi kalau enggak selisih harganya pun enggak jauh beda dari 250 ml, jadi lebih enak beli yang gede sekalian. Kalau saya pribadi sih lebih suka mindahin ke botol yang lebih ramping, jadi lebih ringkes aja.

Kandungan

Di belakang kemasan, tertera kandungan Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang berupa Purified Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methyl Hydroxybenzoate, Propyl Hydroxybenzoate, dan Butyl Hydroxybenzoate.

Tekstur

Teksturnya lembut dan enggak ada busa maupun scrub sama sekali.

Tuang sedikit di tangan
Setelah dioles dan enggak berbusa sama sekali

Penilaian Pribadi

Setelah tulisan panjang tadi, saatnya penilaian dari saya pribadi terhadap Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Kelebihan:

– Membantu saya mengatasi jerawat selama pemakaian kurang lebih 3 bulan

– Mudah dicari dan sering promo di Guardian store. Hahahaha…

– Tidak ada busa

– Bisa dipakai dengan dua cara: dengan air atau tanpa air

– Membantu melembabkan wajah juga

– Ada info kedaluwarsa produk

Kekurangan:

– Tidak benar-benar bisa menghapus make up pada wajah saya jadi saya harus memakai cleansing gel lagi

– Kemasannya terlalu gendut jadi susah dibawa ke mana-mana

– Masih mengandung SLS. Sebenarnya saya sendiri masih bertanya-tanya apakah kandungan SLS dalam sebuah produk aman atau enggak, tapi kalau dilihat klaim bahwa sudah teruji secara Dermatologist rasanya kandungan SLS-nya pasti rendah dan enggak masalah kalau dipakai sehari-hari.

*

Terus udah koar-koar begini enggak ada foto perubahannya? Oh, tentu ada dong. Ini kulit wajah saya sekarang per tanggal 20 Januari 2018. Fotonya tanpa filter, tanpa make up, dan hanya mengandalkan kamera depan Xiaomi serta cahaya yang pas-pasan. Jadi harap maklum kalau kualitas fotonya agak buram, ya.

Dan ini kulit wajah tahun lalu (29 Januari 2017)

Nah, sudah keliatan kan bedanya kayak apa? Sebenarnya Cetaphil hanya salah satu produk yang menyelamatkan saya. Beberapa produk lain pun akan saya update secepatnya, ya.

Alhamdulillah, pelan-pelan semuanya menunjukkan hasilnya. Saya rasa setiap orang bisa jadi harus mengalami jerawat parah terlebih dahulu supaya menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit terutama wajah. Buat kamu para pejuang jerawat, jangan patah semangat, ya. 🙂

25 thoughts on “Tentang Cetaphil yang ‘Menyelamatkan’ Wajah Saya dari Jerawat Parah

  1. Toss!! Kupakai Cetaphil juga saat rehat dari krim-krim dokter dan keterusan sampai sekarang. Formulanya emang paling aman lah buat kulit yang bermasalah, hihi.

    Semangat Bella!

    1. coba cetaphil yang buat oily skin sis,, enak bangeeettt tapi emang harga nya 2x yang gentle…

  2. Aku maju mundur nih mau pake cetaphil 😅 Aku cenderung beruntusan. Huhu. Jerawat paling muncul kalo pas mau dapet sama males ngapus make up.
    Dia harganya lumayan sih, tapi bener juga sering promo :))

    1. Aku dulu iya tapi abis tau efeknya di muka aku jadi keterusan. :))) Dan kayaknya ga mau ganti2 deh. Udah terlanjur cinta. Eh.

      Kalau mau yg murah beli di tokopedia cupah, aku sempet beli yang 500 ml di tokped harganya setara 250 ml di guardian dan itu original.

  3. Ka,,kalo muka nya berminyak n ada beruntusan mending pake yang ini apa pake yg cetaphil oily skin kan ada ya?

  4. Hasilnya lumayan y kak.. dan jerawatnya.. sama saya sperti itu juga.. sampek gonta ganti skin care.. kayaknya saya perlu coba deh.

  5. Ka aku juga lagi bruntusan + jerwatan kira2 klau pae cethapil buntusannya ngurangin apa dikeluarin yaka???

  6. Aku juga pakek cetaphil hasilnya bagus…jerawat bruntusan berkurang..sempet gonta ganti skincare laen..kayaknya mu setia ke cetaphil deh sayq juga

  7. Wah kayaknya aku juga harus coba nih. Aku udah capek ganti” facial wash dan ga cocok terus. Cuma Tante ku sm sepupu ku juga cocok pake cetaphil, dulu mereka jerawatnya parah banget. Sekarang Tante ku mukanya mulus ga ada jerawat dan sepupuku jerawat berkurang dari yg byk banget. Aku baru mau coba cetaphil semoga cocok di aku juga.

  8. Hai Bella, baru malem ini nemu ulasanmu pas lagi hilang arah gara2 jerawat parah. Saat ini saya udah ke dokter yg saya pikir cukup mahal, tp baru sebulan sih. Cm blm ada hasilnya. Mulai hopeless dan ada tmen saranin Cethapil. Dan mampirlah saya disini. Setelah 2thn bgmna kah keadaan kulit wajahmu? Masihkah bertahan dgn Cethapil?

    1. Hai, terima kasih udah baca postingan blognya. Alhamdulillah udah lebih baik daripada tahun sebelumnya, udah diupdate juga di postingan tahun 2019. hehe.

      Untuk sekarang ,aku masih pakai cetaphil tapi juga ganti2 facial wash sesuai kebutuhan.

  9. hai kak, aku udh 1 bulan pakai produk ini. berkurang sih bruntusannya, tapi berubah jadi jerawat besar gitu. itu termasuk efek purging ga ya? ak bingung harus nerusin atau engga, walau sebenernya gara2 cetaphil ini juga bruntusanku di jidat bener2 berkurang sih. mohon pencerahannya dong, atau mungkin dlu kakaknya waktu pakai jg ada purgingnya?

  10. Ka jenis kulit nya apa?
    Kalo aku berminyak tapi pake yg gentle bukan oily.baru pake 2 hari lngsung tumbuh jerawat tapi di bagian yg udh biasa jerawatan si.itu cocok ngga ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s