Bella, mukamu kenapa kok jadi jerawatan?

Bella, kok jadi rusak gitu mukanya?

Bella, wajahnya kenapa?

Tiga pertanyaan tadi adalah pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang saat bertemu dengan saya. Iya, muka saya emang lagi rusak parah dan penuh dengan jerawat. Saya akui itu kok dan membuat saya malu untuk swafoto tanpa menggunakan filter atau bersama teman-teman ketika ngumpul bareng.

Makanya, saya jarang mau buat foto akhir-akhir ini. Namun, bukan berarti saya nggak berusaha buat mengobati dan mengatasi masalah jerawat yang sudah ada sejak kuliah dahulu dan mulai muncul lagi di tahun lalu, ya. Memang, bisa aja saya mau penyembuhan yang cepat dan instan; datang ke klinik kecantikan, diberi resep obat dokter, dan masalah di wajah langsung tuntas dalam waktu singkat.

Bukan itu goal saya, karena saya lagi mengurangi produk pabrikan yang mengandung Paraben, SLS, dan bahan kimiawi lainnya. Alhasil, orang-orang masih melihat wajah saya breakout di sana-sini. Hehehe…

Hal yang bikin miris adalah waktu skin check di kantor dan flek hitam saya mencapai 65% dan usia kulit saya setara dengan orang berusia 35 tahun padahal saya masih 25.5 tahun. Kan, sedih. Gara-gara itu jadi mulai aware sama kulit wajah dan tubuh sendiri.

Omongan orang-orang itu juga kadang bikin sakit hati sih. Ya, sudah nggak apa-apa. Itu, kan, omongan orang berdasarkan apa yang mereka liat tapi mereka nggak tahu bagaimana perjuangan saya mengembalikan wajah mulus bebas jerawat dan juga sehat.

Makanya saya sengaja bikin blogpost khusus di sini, sekalian reviu dikit-dikit soal produk yang saya pakai buat melawan jerawat.

Ini penampakan wajah saya sekarang:

Wajah asli dan cuma pakai air buat cuci muka
Wajah asli dan cuma pakai air buat cuci muka
Kondisi pipi kiri
Kondisi pipi kiri
Kondisi pipi kanan
Kondisi pipi kanan

Jadi paham, kan, kenapa banyak orang yang bilang kayak gitu? Cerita bermula karena saya sempat salah pakai kosmetik, di mana wajah saya jadi bruntusan dan banyak komedo muncul lalu jerawat kecil-kecil.

***

Saya lalu suka baca postingan orang-orang soal skincare routine yang biasa mereka pakai, ternyata banyak banget. Ha… Ha… Ha… Ngerasa skincare routine saya jadi nggak ada apa-apanya. Huvt.

Saya menyebut skincare saya sebagai peralatan tempur, karena harus banget dipakai dan nggak boleh di-skip. Sebenarnya mau ngikutin 10 step korean skincare yang lagi hype banget itu, tapi keterbatasan budget dan kemalasan yang sudah mendarah daging, jadi saya melakukan skincare routine yang standar aja.

Jpeg
Peralatan tempur saya

Mari sekarang direviu satu-satu produknya:

1. Health and Happiness Firm Skin

Jpeg
Ada 30 kapsul untuk sebulan

Tau produk ini karena skin check bulan lalu dan udah ditawarin sama mbak sales-nya buat pake. Awalnya saya nggak mau, karena ngerasa nggak butuh. Namun, karena wajah lagi breakout rauwis-uwis dan katanya selain perbaiki dari luar, dari dalam juga perlu, maka saya beli.

Sebelum beli juga googling dulu seberapa besar manfaatnya sih, soalnya, kan, rugi udah beli mahal-mahal tapi nggak ada efeknya. Ternyata banyak respon positif dengan pemakaian Firm Skin.

Harganya Rp 210.000,00 dengan ongkir Rp 10.000,00. Diminumnya pagi hari setelah sarapan dan satu tablet per harinya. Kalau saya lihat di web Kalbe dan online web lainnya sih dijual Rp 240.000,00. Produk ini baru saya pakai seminggu, jadi belum bisa komentar banyak.

2. Envyme Cosmetic

Jpeg
Produk envyme yang saya punya

Saya tau soal envyme ini dari teman baik saya (hasik), Tiwi. Tiwi yang duluan pake dan cocok di dia. Saya yang orangnya emang suka ikut-ikutan akhirnya penasaran. Apalagi envyme dari bahan natural dan produk lokal, sesuailah sama misi saya. Envyme sendiri punya tiga varian; papaya, kiwi, dan tea tree oil.

Awalnya untuk coba-coba saya pakai Papaya trial set dulu. Setelah 2 minggu pemakaian, keliatan perubahan pada wajah yang lebih bersih dan cerah.

Saya konsultasi via line@ dengan admin yang ramah dan sabar, walau dibalas chatnya agak lama. Hihihi… Jadi sebelum beli produk mereka, kita harus menjawab beberapa pertanyaan seputar kondisi wajah.

Setelah itu, dikirimkan foto wajah terbaru. Oleh admin, langsung disarankan untuk memakai seri perawatan mereka. Hampir sebulan saya rutin memakai rangkaian perawatan Envyme Tea Tree Oil. Walau masih ‘penyembuhan’, wajah saya berangsur-angsur membaik dan lebih cerah. Pas awal detoksifikasi dengan kefir mask, wajah saya gatal-gatal parah karena mungkin itu efek bahan kimia kali, ya. Namun, sekarang kalau pakai kefir mask, malah kayak pake masker biasa. Hohoho…

3. Garnier Mincellar Water

Jpeg
Versi biru untuk kombinasi dan berjerawat

Beli Garnier ini juga karena teracuni oleh Tiwi dan para beauty blogger yang saya ikuti. Sehabis Silky Girl Make Up Remover, saya ganti membeli ini, karena make up remover-nya kurang pas di wajah saya. Saya emang jarang pake make up karena lagi jerawatan, tapi aktivitas sehari-hari juga jalan kaki, jadi butuh untuk ngilangin debu jalanan yang menempel di wajah. Baunya agak kurang enak sih, tapi cukup ampuh buat bersiin kotoran yang nempel. Harganya Rp 29,900 di Guardian. Sekarang ini banyak produk micellar water di pasaran, cuma lagi-lagi semua tergantung kebutuhanmu aja.

4. Acne Mask dan Cleansing Balm Shoppasoap

Jpeg
Produk Shoppasoap yang lagi saya pakai

Saya tau shoppasoap sejak kepulangan dari Kampung Inggris. Entah bagaimana ceritanya, tau-tau saya menemukan produk natural ini. Sebelumnya saya sempat menggunakan Binahong Soap dan Acne Oil yang memang khusus ngobatin jerawat. Karena kurang istoqomah, jadi udah nggak repurchase lagi padahal abis pakai itu, jerawat juga berkurang. Akhirnya direkomendasikan lagi oleh Kak Intan untuk pakai Acne Mask yang benar-benar ajaib. Saya lagi-lagi nurut, lagipula pas banget masker yang saya pakai habis.

Oiya, sebelumnya saya sempat pakai Acne Suicide Squad dari Tiff Body dan Sacre Skin, tapi nggak menunjukkan hasil yang signifikan. Mungkin nggak cocok aja di saya dan wajah saya udah kebanyakan kandungan kimiawi.

Sementara cleansing balm saya beli karena saya mau mulai rajin double cleansing. Apa itu double cleansing? Bahasa awamnya adalah perbersihan muka secara bertahap untuk menghilangkan kotoran atau residu yang menempel.

img_20170128_183958_931.jpg
Double cleansing ala Bella

Ada lima langkah buat double cleansing:

a. Face Cleanser

b. Cleansing Balm

c. Mincellar Water

d. Facial Foam

e. Facial Toner

Makanya agak repot kalau lagi males dan pulang malem, udah keburu capek buat ikutin langkahnya. 😦 Ini baru cleansing aja lho, belum totol acne sol, pakai balancing lotion, dan night cream. Ahahahaha… Iya, cantik itu sakit dan mahal. Sebenarnya kalau mau ringkes, pakai cleanser, foam, dan toner juga sudah cukup.

Sekarang sih, saya masih dalam tahap perawatan dan berjuang yang nggak boleh patah semangat. Karena sedikit saya lalai atau mulai makan nggak bener, pasti jerawat langsung muncul lagi. Semoga setelah ini akan ada progress positif.

***

Tulisan ini bukan sponsored post dan murni pendapat pribadi. 

Advertisements

34 thoughts on “Perjuangan Berat Melawan Jerawat

  1. Mbak Bella coba pake produk Himalaya soalnya itu free paraben dan detergen. 😀. Ak pakai dan ngebantu bgt buat ngilain break out meski hanya sabun mukanya.

  2. haloooo boleh dong minta update kondisi wajahnyaa. jerawatku lg parah nih so far terparah deh sptnya selama 5 tahun jerawatan:(

  3. Semangat kak ngilangin jerawatnya, penasaran banget sama hasil perawatannya setelah sekian bulan… I’ll wait for your next post about the result!

  4. Kak sekedar berbagi aja sih, klo ak dari smp punya jerawat. Mungkin faktor hormon kali yah, nah ak risi bgt punya jerawt padahal sbelum smp itu ak sama sekali gk punya. Itu smua berawal waktu kemah wajah ak bersihin pake tisu basah karna ngantri byk. And…paginya muncul jerawat..aduhhh..pusing ak smk ak mulai perawatan pake masker kunyit but…bekas kuningnya susahhhhh bgt diilanginnya tapi ak rutin min. 3 kali sebulan…tpi itu bikin ak capek ngilangi noda kuningnya. Hasilnya cuma wajah yg keliatan putihhh..tpi jerawat masih aja muncul..trus ak pake perawatan paket sariayu mulai dari pembersih, penyegar, pelembab, krim malam tetep aja…karena ak juga baru sekolah dan sekarang ak udh lulus ak kerja jadi admin stokis pt.nasa. nah pt nya produksi produk kecantikan macem2. Ak coba yang Collaskin facial cleanser tuh..ak coba hasilnya itu waktu dibilas kulitnya kerasa halusss serius deh. Dipake 2 hari jerawat pada kering..dan ak mulai menikmati pake produknya soalnya didalamnya ada kandungan detoknya kak…sma kandungan collagennyaa…sejauh ini jerawatku alhamdulillah sedikit demi sedikit memudar….

    Fighting buat ngilangin jerawatnya mumpun blum telat banget….soalnya ak pernah ngerasain di posisi itu

  5. hai mba Bella, tetap semangat. sesama pejuang jerawat! ditambah tipe kulit muka aku yg super oily, wah ga kebayang kan, aku tiap tidur malem bangun utk sempetin ambil oil face paper karena tidur pun minyak nya bisa banyak bgt. aku sempet pake bioderma & cetaphil utk facial wash nya. tapi menurutku lebih enak bioderma utk muka berjerawatnya. balik lagi sih, cocok-cocokan 😀
    skrg lg nyoba Oxy 10 Acne Pimpe Medication, lumayan hasilnya.. nah skrg juga aku masih nyari juga product” tambahannya kaya utk bikin bekas jerawat hilang, supaya kulit muka ga keliatan kusam, etc.
    pokoknya tetap semangat utk para pejuang jerawat disini.

  6. halo ka … mau tanya warna kefir mask milky envygreen itu putih atau keunguan ya ? saya beli di olshop, dan warnanya keunguan, tp aku baca2 harusnya warna kefir mask putih susu, atau itu karena dia mengandung beras hitam ? mohon dijawab ya ka, saya mau pakai masih belum berani karena takut produknya rusak … mba admin olshopya juga blm bales soalnya 😂

  7. Aku jg prnh ngalamin jerawat…plus bruntus.brbagai hal udh kucoba.smpe ke skin care.tapi hasil2ny ada lagiii…smpe akhirny aku ktmu jodoh 😊 yaitu sabun papaya dream… stelah ilang bruntus/jerawat.masih kulanjutin tuh sabun krn bisa ngilangin bekas2ny.stelah sembuh…baru deh pke pelembab.aku cocoj pke ponds flawless yg siang.bedak tabur sari ayuu…terusmasker alami dari beras putih buatan sendiri

  8. aku juga lagi jerawatan parah udh terllau bnayk dokter aku coba gk juga berhasil terlalu banyak klinik kecantikan juga dan sekaramg jerawat ku makin parah , aku gak tau harus gimana lagi biar sembuh aku capek

    1. mbak annisa mungkin bisa coba pake tender care punya oriflame. aku kemaren bruntusan karena coba2 pake produk lain. Bruntusan, gatal, dan wajah mulai merah saking gatalnya. aku hentikan pemakaian ‘produk lain tsb’ dan pake tender care. Jadi ke kantor aku hanya pake tender care aja, no bedak. Hanya pake pensil alis dan lipstik doang. Gatal dan kemerahannya berkurang di siang harinya. Tender care juga aku pake pada saat tidur. Puji Tuhan, dalam waktu 2 hari udah lumayan mbak, bruntusan udah mulai berkurang. Oiaaa… kalo pake tendercare tipis2 aja ya mbak, karena kalo kebanyakan bisa oily banget di wajah. Tp walaupun oily, aku suka banget karena wajah jadi lebih kenyal. Mungkin tendercare mengandung beewax ya.

      1. Hai, aku bella. Bukan annisa. Hehe. Iya, tender care sempet aku pake kok tapi bukan buat di muka. Sekarang mukaku jauh lebih baik dari tulisan ini tapi aku belum sempet bikin acne story. Hehe. 🙂 Btw makasih infonya dan udah baca.

  9. Hai kak. Aku jg pejuang jerawat nih hehe. Dari smp sampe sekarang kuliah banyak banget yg di lalui. Sekarang alhamdulillah udh gak separah dulu jerawatnya, cuma bekas jerawat dr dokter aja nih. Saran ku jangan perawatan di dokter kak. Terus bersihin muka lebih bagus pake oilcleanser. Kalau bisa maskerin terus mukanya, akusih lg suka banget sama masker kopi, yogurt yg plain yaa, sama aloevera NR, facial foamnya aku pake nivea, dan aku pake bedak marcks. nah sekarang lg bimbang mau pake skincare theraskin atau envygreen nih 😦 , soalnya masih suka muncul jerawat kalau lg halangan dan masih usaha buat hilangin scar bekas jerawat hehe. menurut kaka envygreen/envyme nih bagus gak sih ?

    1. Hai, agnes.Makasih udah sempetmampir dan baca blognya ya. Hehehe….
      Alhamdulillah aku juga udah enggak pake krim dokter lagi nih, tapi jadinya trial n error sama skincare. Ada beberapa yang cukup sama yang lainnya harus dibuang. Huhuhu…

      Aku juga suka maskeran, hampir setiap hari malah.

      Soal envyme/envygreen menurutkku bagus dan harganya cukup terjangkau kok. Tapi ya kalo mau langsung tanya ke admin resmi jangan resellernya ya kalo mau konsul pertama.

      1. Haiii kak… Aku jugaa sma jerawatnya kaya kamu… Parah gegara aku pake krim abal2.. merk nya e*t*r. Dan tambah prah gegara aku pke bedak p**y . Model jerawat aku sama bgt kya kamu… Aku udah coba pale masker lemon. Cuka apel.. pke sabun ini itu. Gk sembuh juga.. terakhir aku coba pakai masker kunyit bubuk di cambur kayu manis bubuk dan madu.. alhamdulillah sekarang ada progres lebih baik.. smoga bermanfaat ya kak.. dan smoga jerawatnya lekas sembuh… 😀

  10. Ngerasain jg stress nya kaya apa bel 😢 coba minum skinfit , dulu ak jg setaun lebih jerawatan parah & hilang timbul. Baru februari kmrn rutin minum skinfit ngefek bgt bgt bgt yeyyy ( + makan&minum jgn jorok )
    Gk ada sebulan udh ngefek di ak 💃💃

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s